Tips Agar Puasa Lancar dan Tidak Lemas

Tips Agar Puasa Lancar dan Tidak Lemas

Alhamdulillah sekarang sudah memasuki hari ke 10 menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini. Ibadah puasa lancar dan tidak lemas segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan kepada kita semuanya. Semoga kita semua bisa menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini bisa lancar sampai akhir bulan Ramadhan nanti, Aamiin.



Selama menjalankan ibadah puasa tentunya sahabat RMKS dan pembaca yang budiman akan mengalami rasa lapar dan haus. Satu hari menahan rasa lapar dan haus dan tetap harus menjalankan rutinitas untuk mencari nafkah atau bekerja. Tapi puasa tidak menghalangi kita untuk melakukan aktifitas atau bekerja bukan? Ya, tentu saja puasa bukan penghalang untuk melakukan berbagai macam aktifitas atau pekerjaan berat lainnya.

Bagaimana sih tips agar puasa lancar dan tidak lemas selama menjalankannya satu hari penuh?. Mungkin itu pertanyaan yang ada di hati sahabat RMKS dan pembaca yang budimana dimanapun.

Nah berikut ini akan kita sampaikan tips agar puasa lancar dan tidak lemas.

1. Sahurlah Mendekati Waktu Akhir.

Seperti yang disampaikan Nabi Muhammad shollallahu'alaihiwassalam, bahwa sahur yang paling baik adalah di akhir waktu. Dengan kita mengakhirkan waktu sahur maka akan menjadikan kita kuat satu hari penuh untuk menjalankan puasa.

2. Jangan Tidur Sehabis Sahur.

Jadi sangat disarankan setelah kita menjalankan sahur jangan langsung tidur, karena apabila kita tidur setelah sahur pada saat kita bangun makan akan sangat terasa sekali badan lemas. Dan menurut dokter apabila sehabis sahur atau makan tidur maka akan mengakibatkan asam lambung naik dan proses pencernaan kurang baik.

3. Makan Buah Kurma.

Dengan kita makan buah kurma di saat sahur maka akan menambah kekuatan tubuh kita lebih kuat dan fit. Karena memang buah kurma mengandung banyak sekali mineral, protein, dan vitamin.

Berdasarkan salah satu studi yang diterbitkan International Journal Food Science Nutrition 2003 bahwa terdapat setidaknya 15 mineral dalam kurma. Yang paling menonjol adalah potasium (kalium) dan magnesium. Sedangkan beberapa mineral lain yang terdapat dengan jumlah beragam yakni boron, kalsium, kobalt, tembaga, fluorin, zat besi, mangan, fosfor, sodium, selenium, dan seng.

Dan untuk proteinnya mengandung 23 tipe asam amino seperti asam palmitoleat, oleat, linoleat, dan linolenat. Sebagian protein ini tidak terdapat di buah-buahan lain seperti jeruk, pisang, dan jeruk.

Kurma pun dilengkapi dengan berbagai vitamin, mulai dari yang terdapat dalam jumlah kecil seperti vitamin C, hingga yang paling berlimpah yakni vitamin B kompleks. Kurma juga memiliki senyawa antioksidan seperti tannin, beta karoten, lutein, serta zea-xanthin.

4. Minum Air Putih Yang Cukup.

Dengan kita minum air putih yang cukup, kurang lebih 2-3 gelas pada saat sahur maka akan membantu kebutuhan air selama satu hari sehingga badan tidak lemas selama menjalankan ibadah puasa.

5. Makan Jangan Terlalu Kenyang.

Pada saat sahur disarankan untuk makan secukupnya saja jangan sampai terlalu kenyang. Karena apabila kita makan terlalu kenyang akan menjadikan kita lemas karena memang ketika kita makan terlalu kenyang akan mengganngu prose pencernaan. Seperti yang di sampaikan Nabi Muhammad  shollallahu'alaihiwassalam bahwa “Kita (kaum muslimin) adalah kaum yang hanya makan bila lapar dan berhenti makan sebelum kenyang“

Demikian 5 tips agar puasa lancar dan tidak lemas.
Semoga bisa bermanfaat.

Baca artikel lainnya.



Read more

10 Menu Buka Puasa Yang Sehat dan Praktis

10 Menu Buka Puasa Yang Sehat dan Praktis


Tak terasa sekarang kita sudah di ujung bulan syaban, berarti sebentar lagi adalah memasuki bulan Ramdhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan Rahmat dan Ampunan dari Allah subhanahuwata'la. Umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibada puasa atau shaum di bulan Ramadhan.

Betapa indahnya bulan Ramadhan itu, seluruh umat muslim menyambut dengan gembira dengan penuh suka cita dan bersiap untuk menjalankan ibadah puasa dan akan menjalankan shalat Qiyamullail atau shalat Tarawih bersama di Masjid. Betapa indah dan menyenangkan sekali bisa melaksanakan Rukun Islam yang ke 3 yaitu Puasa di bulan Ramadhan.

Nah sahabat RMKS dan pembaca yang budiman, ada hal juga yang tidak kalah penting yaitu buka puasa. Jadi pada saat kita menjalankan ibadah puasa 1 hari penuh jangan lupa untuk menyegerakan berbuka puasa, jangan sampai terlambat. Walaupun seandainya kita berada di tempat yang tidak ada makanan, wajib harus segera berbuka puasa baik dengan minuma seteguk saja atau kalau tidak ada sama sekali cukup diniatkan dalam hati untuk berbuka puasa.

Ya jadi berbuka puasa adalah sesuatu yang wajib harus dilakukan, bahkan kalau kita mendunda-nunda akan menjadikan haram. Begitu Maha Rahmah Allah itu kepada umatnya.
Kali ini resepmamakusuka akan memberikan 10 menu buka puasa yang sehat dan praktis dibawah ini.

10 Menu Buka Puasa Yang Sehat dan Praktis:

1. Biji Salah

Biji salak ini rasanya manis dan sangat mudah untuk membuat sendiri dirumah. Dengan bahan yang sederhana dari bahan ubi jalar, tepung kanji dan lainnya bisa buat sendiri tanpa susah dan repot. Dan ini sangat cocok untuk mengembalikan stamina setelah seharian berpuasa.



Segar dan adem akan terasa ketika kita pada saat buka puasa minum sop buah, yang penuh dengan buah-buahan segar. Ini sangat bagus untuk tubuh kita karena buah merupakan serat yang sangat bagus untuk pencernaan. Jadi sop buah bisa jadi referensi untuk menu buka puasa yang sehat dan praktis.



Minuman es klamud mangga lemon ini sangat segar terasa, apalagi dengan lembutnya kelapa muda dan bau harum lemon serta manisnya rasa mangga akan menambah segarnya berbuka puasa dengan keluarga tercinta. Kelapa muda dan air kelapa memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Jadi setelah seharian puasa akan terasa segar dan stamina pulih setelah minum es klamud mangga lemon. Penuh dengan nutrisi dan vitamin dengan serat yang bagus untuk pencernaan.



Puding sangat cocok di kombinasikan dengan menu lainya. Nah bagaimana kalu buka puasa menunya dengan es puding almond jeruk. Maknyus dan dahsyat akan terasa di mulut, dan mengenyangkan di perut. Jadi menu ini sangat cocok untuk buka puasa bersama keluarga atau sahabat.



Dengan kondisi sehabis puasa 1 hari penuh, sangat dianjurka selain makanan manis juga makanan yang mengandung serat yang mudah di cerna oleh usus kita. Salah satu menu yang kita sampaikan adalah tumis sawi bok choy, tentunya ini sangat mudah di buat dan cocok dihidangkan pada saat buaka puasa, agar makannya tambah lahap dan yang terpentin adalah terpenuhinya kebutuhan gizi untuk tubuh kita.



Warna hijau yang menggoda pandangan mata, serta rasa yang begitu enak menjadikan tumis kangkung ini salah satu menu buka puasa yang sehat dan praktis. Apalagi sayur kangkung sangat mudah kita dapatkan di pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern. Jadi tentunya untuk membuat tumis kangkung ini sangatlah mudah. 

Dan tentunya nilai gizi dari kangkung yang banyak mengandung zat besi sangat membantu kebutuhan tubuh akan zat besi setelah satu hari berpuasa penuh. Membuat stamina pulih kembali.




Daging sapi memang sangatlah mudah untuk di olah menjadi aneka masakan yang sangat nikmat dan tentunya digemari oleh para penggemar daging. Dengan tekstur daging yang empuk dan rasa yang nikmat menjadikan daging sapi pilihan untuk menu buka puasa yang sehat dan praktis yaitu dengan diolah menjadi semur daging sapi.

Rasa manis dan asin khas semur ini membuat daging sapi yang diolah menjadi semur sangatlah nikmat sekali. Apalagi di makan setelah satu hari berpuasa penuh. Tentunya sangat bisa membantu memulihkan stamina yang berkurang setelah berpuasa.



Nah sahabat RMKS dan pembaca yang budiman, satu lagi nih menu buka puasa yang sehat dan praktis dari  makanan seafood yaitu udang pedas keju. Wow rasanya sangat nendang banget loh, rasa udang dipadukan dengan rasa keju benar-benar sungguh luar biasa rasanya. Sangat pas untuk menu buka puasa.



Bicara ayam bakar pasti sudah pada tahu dong rasa dari ayam bakar. Nah spesial menu buka puasa yang sehat dan praktis itu ada menu ayam bakar pedas manis. Rasa ayam bakar yang pedas dari sambalnya dan manis dari gulanya sangat disarankan untuk para pembaca yang budiman bisa menghadirkan menu ini di sajian buka puasa.



Makanan Italia ini bisa loh menjadi pilihan untuk menu buka puasa yang sehat dan praktis. Dengan bahan utama kentang yang penuh dengan karbohidrat menjadikan pizza kentang manis itu cocok untuk sajian buka puasa. 

Setelah satu hari berpuasa penuh tentunya banyak tenaga yang terbuang dan kurang asupan, nah dengan buka puasa pakai pizza kentang manis ini bisa menggantikan tenaga yang hilang karena pizza kentang manis mengandung karbohidrat.


Demikian informasi tentang 10 menu buka puasa yang sehat dan praktis, bisa Anda praktekkan di rumah bersama keluarga tercinta, semoga bermanfaat.

Sekian dan terimakasih.

Baca artikel lainnya.





Read more

Resep Sate Kambing Yang Mudah Dan Praktis

Resep Sate Kambing Yang Mudah Dan Praktis 


Selamat siang di bulan syaban.
Semoga kesehatan dan kebahagian selalu kita rasakan. Jadi hamba yang selalu bersyukur.

Nah siapa yang tidak kenal kambing, hewan yang satu ini dagingnya sering di konsumsi oleh manusia. Karena daginnya empuk, enak dan baunya khas, serta yang jelas daging kambing itu halal dimakan.

Resep Sate Kambing Yang Mudah Dan Praktis

Daging kambing bisa diolah menjadi beraneka ragam masakan tradisional maupun internasional. Begitu mudahnya daging kambing itu diolah untuk menjadi sebuah menu makanan yang enak dan tentunya lezat, betul kan sahabat?

Beberapa contoh menu makanan yang bisa dibuat dari daging kambing seperti, gulai kambing, kambing kecap, kambing guling, untuk kebab, sate dan lain-lainnya.

Seperti yang akan kita hadirkan yaitu resep sate kambing yang mudah dan praktis, jadi disini akan di sampaikan bagaimana cara buat sate kambing yang mudah dan praktis tidak repot dan susah. Jadi sahabat dan para pembaca yang budiman bisa buat sate kambing di rumah sendiri.

Yuk kita intip cara buat sate kambing yang mudah dan praktis dibawah ini.


Bahan Sate Kambing Yang Mudah Dan Praktis :

  • 500 gr daging kambing
  • 5 buah tomat
  • 6 siuang bawang merah
  • Kecap manis
  • 1/2 potong buah nanas
  • 10 buah cabai rawit


Bahan tambahan :

  • tusuk sate dari bambu
  • arang dari batok kelapa
  • tempat untuk bakar sate / tungku
  • kipas tangan

Resep Sate Kambing Yang Mudah Dan Praktis

Resep Sate Kambing Yang Mudah Dan Praktis

Cara Membuat Sate Kambing Yang Mudah Dan Praktis :

  1. Potong-potong daging kambing sesuai selera.
  2. Kupas nanas dan kemudian di parut.
  3. Selanjutnya daging kambingnya yang sudah di potong-potong di masukkan di parutan nanas dan di aduk diamkan 5 menit saja, biar daging empuk.
  4. Potong-potong daun bawang, cabai, dan tomat.
  5. Kemudian siapkan piring masukkan kecap dan juga potongan bawang, cabai dan tomat. Aduk rata.
  6. Daging yang sudah siap kemudian di tusuk dengan tusuk sate dari bambu.
  7. Siapkan tungku dan masukkan arang kemudian nyalakan dan di kipas biar apinya tidak besar, jadi arangnya hanya jadi bara.
  8. Masukkan daging yang sudah di tusuk dan taruk diatas bara sambil di kipas.
  9. Kalu sudah matang angkat dan masukkan ke bumbu kecap tadi, di bolak balik biar mersepap.
  10. Angkat dan sajikan dengan lontong yang dipotong-potong.

Maknyus banget rasa sate kambing yang mudah dan praktis ini.
Silakan coba di rumah yah.

Salam resepmamakusuka

Baca artikel lainya.
Read more

Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting

Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting

Selamat Siang sahabat RMKS dan pembaca yang budiman.

Mungkin diantara kalian sudah tahu dong atau sudah sering makan mie ayam. Ya, makanan yang satu ini hampir ada di setiap daerah, baik di pasar tradisional ataupun pasar modern.

Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting

Betapa nikmatnya rasa mie ayam itu betul ngga sahabat? Jawab saja dalam hati, heee jawabnya iya enak. Apalagi kalau kita bisa buat sendiri mie ayamnya. Resepmamakusuka coba membuat mie ayam dengan mie keriting, rasanya maknyus banget deh, itu menurut kami.

Sahabat dan pembaca yang budiman juga bisa buat mie ayam dengan mie keriting di rumah sendiri yah. Dengan melihat resep di resepmamakusuka.com bisa melihat panduan cara membuatnya. Sajikan bersama keluarga tercinta.


Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting



Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting
Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting
Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting

Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting
Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting
Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting    

Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting

Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting
Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting








Bahan Kuah  Mie Ayam Dengen Mie Keriting:

  • Bawang merah, 5 Siung
  • Bawan putih, 3 siung
  • Kunyit, 1 ruas jari telunjuk
  • Daun salam 1 lembar
  • Biji pala, setengah
  • Sereh, 4 batang
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa


Bahan Bumbu Ayam  Mie Ayam Dengen Mie Keriting:

Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting











  • Bawang merah 4 siuang
  • Bawang putih 2 siung
  • Ketumbar, 1 sdt
  • Gural merah secukupnya
  • Jahe, 1 ruas jari kelingking
  • Kecap secukupnya
  • Daun jeruk, 2 lembar
  • Bawang bombai, setengah (atau sesuai selera)
  • Daun bawang, 2 batang
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa


Cara Membuat  Mie Ayam Dengen Mie Keriting:


Cara Buat Mie Ayam Dengen Mie Keriting











  1. Siapkan semua bahan dan peralatan.
  2. Cuci ayam hingga bersih.
  3. Kemudian rebus ayam sampai dagingnya empuk, dan ambil airnya dan pisahkan. ayam di suwir-suwir.
  4. Haluskan bawang putih, bawang merah, biji pala, kunyit, kemudian tumis sampai harum, selanjutnya masukkan air rebusan ayam tadi, dan masukkan daun salam sama sereh yang sudah di geprek. Dan juga masukkan garam sama penyedap rasa sampai mendidih. (Untuk kuah)
  5. Kemudian untuk bumbu ayamnya, haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar dan jahe. Selanjutnya tumis sampai harum dan masukkan daun bawangnya, bawang bombai, kasih air, masukkan gula merah, kecap, garam, penyedap rasa. 
  6. Dan kemudian masukkan ayam yang tadi sudah di suwir-suwir.
  7. Selanjutnya rebus mi keritingnya. Setelah matang tiriskan.
  8. Kemudian tinggal masukkan ke mangkok mienya, ayam suwirnya dan kuahnya, kasi saus tomat atau kecap sesuai selera dan juga sambal kalau mau pedas.
  9. Sekarang tinggal di sajikan.

Semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya.
Daging Sapi atau Kambing, Manakah yang Lebih Sehat Dikonsumsi?



Read more

4 Cara Mengetahui Rahim Sudah Bersih Setelah Keguguran

4 Cara Mengetahui Rahim Sudah Bersih Setelah Keguguran


Bagi seorang wanita rahim itu adalah mahkota yang sangat berharga, karena dengan adanya rahim wanita bisa mengandung dan melahirkan seorang bayi mungil sebagai generasi penerus keturunan.

Begitu indah dan mempesona seorang wanita dan dikatakan sempurna apabila sudah mempuyai anak atau telah melahirkar bayi buah hati keluarga tercinta. Begitulah wanita, sosok yang menjadi dambaan bagi kaum adam yang selalu terpesona dengan kecantikan dan keelokan seorang wanita.

4 CARA MENGETAHUI RAHIM SUDAH BERSIH SETELAH KEGUGURAN


Tetapi pada proses mengandung buah hati tercinta, begitu banyak permasalahan yang akan dihadapi oleh seorang wanita. Ya begitulah yang terjadi, dari awal kehamilan sudah merasakan mual, pusing dan kadan sampai muntah-muntah secara berlebihan yang terkadang menbuat harus di rawat dirumah sakit. Karena memang fisik wanita berbeda-beda, ada yang kuat dan ada yang lemah.

Itula perjuangan wanita yang ingin menanti buah hati yang tercinta, penuh dengan perjuangan. Terkadang ada beberapa wanita yang karena tidak kuat dengan kondisi fisik yang lemah pada saat hamil menjadikan atau mengakibatkan keguguran. Sedih rasanya itu pasti akan dirasakan seorang wanita sebagai seorang ibu dan tentunya suami tercinta pun akan merasakan hal yang sama.

Nah sahabat RMKS dan pembaca yang budiman, bahwa ketika terjadi keguguran tentunya harus ditangai dengan baik, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yaitu misalnya pendarahan yang hebat atau berlebih. Yang tentunya akan mengakibatkan kehilangan darah yang banyak yang akan mengancam jiwa seoranga wanita.

Tentunya setelah keguguran kita harus mengetahui pasti bahwa rahim sudah bersih setelah keguguran. Jangan sampai ada sesuatu yang tertinggal di rahim, misalnya sisa darah, atau yang lainnya yang akan mengakibatkan rahim tidak bersih setelah keguguran.

Sahabat RMKS dan pembaca yang budiman harus paham atau mengerti bagimana cara mengetahui rahim sudah bersih setelah keguguran, hal ini tentunya agar si ibu aman dan bisa menlanjutkan program punya anak lagi. Karena apabila tidak bersih dampaknya akan sangat bahaya, bisa menimbulkan berbagai penyakit di rahim dan infeksi lainnya. Rahim sendiri mengandung cukup banyak pembuluh darah terutama terdapat pada dindingnya. Secara khusus rahim dipersiapkan untuk tempat berkembangnya janin.

Menurut ilmu medis atau kedokteran bahwa dinding rahim dilengkapi dengan banyak pembuluh darah yang fungsinya untuk mensuplai tumbuh kembang dari janin. Namun dalam kondisi seorang wanita sedang tidak hamil maka dinding rahim beserta pembuluh darah akan luruh dan menimbulkan perdarahan atau yang kita tahu sering disebut menstruasi.

Bagaiman cara mengetahui rahim sudah bersih setelah keguguran?
Berikut ini akan dijelaskan cara mengetahui rahim sudah bersih setelah keguguran adalah sebagai berikut :

1. Lakukan Pemeriksaan Dengan Menggunakan Ultrasonografi (USG)

USG yang biasanya kita pahami adalah untuk mengecek ketika sedang hamil untuk melihat kondisi janin. Tetapi USG juga bisa digunakan untuk melihat kondisi rahim setelah keguguran untuk mengetahi rahim bersih atau tidak. Jadi cobalak kedokter spesialis kandungan untuk memastikan kondisi rahim bersih atau tidak dengan USG.

2. Coba perhatikan apakah masih ada bercak darah atau tidak.

Karean bercak darah merupakan tanda akan adanya luka atau sisa luka pada rahim. Dan biasanya bercak darah menempel pada pakaian dalam baik berwarna cokelat ataupun warna darah yang merah segar.

3. Apakah terjadi nyeri pada perut bagian bawah atau tidak.

Apabila terjadi rasa nyeri pada perut bagian bawah dapat menjadi pertanda adanya suatu hal yang tidak beres pada rahim. Biasaya dokter dapat mengetahui dengan menekan perut bagian bawah sisi kanan atau kiri lalu mengecek melalui jalan lahir sampai ke dalam rahim. Jika rahim belum benar-benar bersih maka apabila perut ditekan kadang keluar gumpalan darah dan bahkan jaringan. Dan juga terkadang jaringan berupa gumpalan akan keluar ketika ibu buang air kecil.

4. Adanya Kontraksi Rahim

Nah disini juga sahabat RMKS dan pembaca yang budiman untuk bisa mengetahui rahim telah bersih tanpa usg adalah dengan melihat adanya kontraksi rahim. Kontraksi rahim merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan benda dalam rahim. Adanya kontraksi dapat menandakan bahwa rahim belum bersih. Tapi biasanya memang kalau ada benda asing dirahim bisa keluar dengan sendirinya.

Demikian 4 cara mengetahui rahim sudah bersih setelah keguguran. Semoga bermanfaat dan silahkan di share artikel ini.

Baca aritkel lainnya.
Cara Mengobati Asam Urat Tanpa Obat
Read more

Resep Ikan Tongkol Suwir Bumbu Kemangi

Resep Ikan Tongkol Suwir Bumbu Kemangi


Kalau kita jalan-jalan ke pasar tradisional kita sering menjumpai penjual ikan tongkol atau ikan cakalang yang sudah di kukus dijual dengan harga yang terjangkau. Karena di negara Indonesia tercinta ini begitu banyak ikan tongkol atau cakalang ini.

Resep Ikan Tongkol Suwir Bumbu Kemangi

Resep Ikan Tongkol Suwir Bumbu Kemangi




Ikan tongkol itu memang sangat enak dan dagingnya lembut serta gurih, apalagi ikan ini bisa diolah untuk berbagai macam jenis makanan atau masakan, salah satunya yaitu ikan tongkol suwir bumbu kemangi. Sehingga hasil masakannya wangi dan sedap, benar-benar menggugah selera. Apalagi ditambah dengan cabai yang menjadikan rasanya pedas mantaps.

Resep Ikan Tongkol Suwir Bumbu Kemangi

Rasa pedas ikan tongkol suwir bumbu kemangi ini menjadikan selera makan kita akan bertambah. Jadi sahabat RMKS dan pembaca yang budiman bisa membuat sendiri di rumah, untuk di sajikan bersama menu yang lain untuk keluarga tercinta.

Resep Ikan Tongkol Suwir Bumbu Kemangi

Yuk kita intip cara buat ikan tongkol suwir bumbu kemangi dibawah ini.

Bahan Ikan Tongkol Suwir Bumbu Kemangi:

  • 250 gr ikan tongkol kukus/ ikan cakalang kukus
  • 7 tangkai daun kemangi
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Kemir 1 pcs
  • Cabai rawit 20
  • Cabai merah besar 8 (bagi dua di haluskan dan diiris tipis)
  • Daun salam 1 lembar
  • Lengkuas 1 jempol ibu jari (dikprek)
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupupnya
  • Air secukupnya


Cara Membuat Ikan Tongkol Suwir Bumbu Kemangi:

  1. Ulek cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri sampai halus.
  2. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus tadi, daun salam, lengkuas, setelah harum masukkan cabai merah iris.
  3. Kemudian masukkan tongkol suwir, aduk rata.
  4. Kemudian masukkan air secukupnya.
  5. Setelah meresap masukkan kemangi, garam, dan gula.
  6. Biarkan sampai meresap dan matang.
  7. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.


Semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya.
Inilah Rahasia Mengapa Masakan Indonesia Digemari di Mancanegara


Read more

Resep Biji Salak Yang Sangat Cocok Untuk Menu Buka Puasa

Resep Biji Salak Yang Sangat Cocok Untuk Menu Buka Puasa


Selamat siang sahabat RMKS dan pembaca yang budiman.
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia selalu.

Sekarang bulan Syaban, sebentar lagi bulan Ramadhan. Bulan suci yang sangat di nantikan oleh seluruh umat islam yang beriman dan bertakwa.

Resep Biji Salak Yang Sangat Cocok Untuk Menu Buka Puasa





Nah, biasanya di bulan suci itu bagi umat islam yang menjalankan ibadah shaum atau puasa pada saat buka puasa selalu makan yang manis-manis, seperti buah kurma, teh manis, es kelapa, kolak, bubur kacang hijau dan lainnya yang tentunya rasanya manis biar bisa bermanfaat untuk menambah tenaga setelah 1 hari penuh berpuasa.

Resep Biji Salak Yang Sangat Cocok Untuk Menu Buka Puasa

Kali ini resepmamakusuka akan menghadirkan resep biji salak yang sangat cocok untuk menu buka puasa. Jadi sahabat bisa buat sendiri dirumah untuk menu buka bersama keluarga tercinta.

Berikut ini detilnya bagamana cara buat biji salak yang sangat cocok untuk menu buka puasa.

Bahan Biji Salak Yang Sangat Cocok Untuk Menu Buka Puasa:

  • 600 gr ubi  ubi jalar ( kupas, cuci bersih, kukus dan tumbuk sampai lembut)
  • 250 gr tepung kanji atau tapioka 
  • 300 gr gula merah ( disisir halus )
  • 1/2 sdt garam
  • 800 ml air
  • 50 gr gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 bungkus santan kara (bisa dengan santan kelapa asli)


Cara Membuat Biji Salak Yang Sangat Cocok Untuk Menu Buka Puasa:

Resep Biji Salak Yang Sangat Cocok Untuk Menu Buka Puasa
Resep Biji Salak Yang Sangat Cocok Untuk Menu Buka Puasa

  1. Pertama siapkan bahan-bahan dan peralatan.
  2. Kupas ubinya dan cuci bersih lalu kukus setelah matang di tumbuk sampai lembut.
  3. Kemudian masukkan tepung tapioka aduk dengan ubi yang sudah ditumbuk (ditambah air secukupnya, tujuannya agar mudah dibentuk).
  4. Masukkan garam kedalam campuran tadi dan aduk lagi sampai adonan tadi mudah di bentuk, disini kita buat bulat-bulat (bisa dibentuk sesuai selera).
  5. Kemudian panaskan air, setelah panas masukkan gulanya aduk sampai gulanya larut. Apabila sudah larut lebih baik kita saring dulur air gulanya.
  6. Selanjutnya kita panaskan lagi sambil masukkan adonan yang sudah dibentuk bulat tadi. dan juga masukkan daun pandan.
  7. Setelah biji salak mulai matang masukkan santan karanya kedalam, aduk terus biar santan ngga pecah.
  8. Setelah matang angkat dan sajikan.


Semoga bermanfaat.
Silahkan share.

Baca artikel lainnya.
Cara Mengolah Daging Sapi Dengan Benar

Read more

Cara Mengobati Asam Urat Tanpa Obat

Cara Mengobati Asam Urat Tanpa Obat


Penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi pada persendian, sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Rasa sakit pada persendian dan biasanya juga bengkak, dan warnanya merah. Nah disini akan kita bahas bagaimana cara mengobati asam urat tanpa obat, baca terus ya sahabat RMKS dan pembaca yang budiman.

Asam urat atau dalam istilah kedokterannya disebut hiperurisemia adalah suatu keadaan dimana kadar serum asam urat dalam tubuh meningkat diatas batas normal. Jadi untuk kadar normal asam urat dalam darah yaitu tidak lebih dari 6,8 mg%, apabila kadarnya lebih dari 6,8 mg% maka akan mengakibatkan rasa sakit di persendian.

Cara Mengobati Asam Urat Tanpa Obat


Tetapi kalau berdasarkan pengalaman saya pribadi yang mempunyai kadar asam urat tinggi yaitu sekitar 10,5 mg%, alhamdulillah tidak terlalu merasakan sakit persendian yang luar biasa. Cuman agak sakit kadang-kadang di persendian lutut kiri. Nah disini lah pentingya cara mengobati asam urat tanpa obat, kalau pakai obat ada bahan kimianya, jadi biasanya ada efek sampingnya. Jadi lebih sehatu kalau tanpa obat.

Jadi kalau kadar serum asam urat yang tinggi akan dapat mengakibatkan terjadinya kristal monosodium urat yang akan ditimbun dalam jaringan tubuh, khususnya pada persendian, dan hal ini akan mengakibatkan terjadinya radang sendi akut yang dikenal dengan Gout.

Cara Mengobati Asam Urat Tanpa Obat


Nah sahabat RMKS dan pembaca yang budiman, secara teori kriteria asam urat berdasarkan American College of Rheumatology membuat kriteria sebagai berikut :

  1. Serangan sakit sendi ini biasanya terjadi lebih dari satu kali.
  2. Sendi yang kena biasanya cuma satu (istilahnya: monoartritis).
  3. Sendi yang sakit biasanya akan berwarna merah.
  4. Pada sendi jempol kaki akan nyeri, merah dan bengkak.
  5. Tofus (bengkak sendi karna penumpukan kristal asam urat).
  6. Hiperurisemia (kadar asam urat darah tinggi).
  7. Biasanya pada saat pemeriksaan radiologi akan didapatkan pembengkakan sendi yang sifatnya asimetris.
  8. Dan pada saat pemeriksaan radiologi nampak Kista subkondral tanpa erosi.
  9. Serangan nyeri sesisi pada sendi jempol kaki.
  10. Serangan nyeri sesisi pada sendi kaki.
Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, bahwa berdasarkan pengalam pribadi dan beberapa teman bahwa kadar asam urat dalam dalam yang tinggi dan masing-masing berbeda-beda untuk rasa sakitnya. Teman ada yang kadar asam uratnya 7 mg% saja katanya sudah sakit. Alhamdulilah saya yang diatas itu tidak sampai sakit. Kenapa bisa begitu?

Baik kita lanjutkan ya. Berikut akan saya sampaikan cara mengobati asam urat tanpa obat, berdasarkan pengalaman pribadi.

  1. Berdo'a terus kepada Allah subhanahuwata'ala untuk minta kesembuhan, karena Allah yang Maha penyembuh, dan segala segala sesuatu penyakit datang dari Allah dan Allah pula yang menyembuhkan. Itu sebagai sandaran utama sebagai seorang yang beriman.
  2. Olahraga yang teratur, jadi ketika kita olah raga teratur makan pembakaran lemak pada tubuh kita akan terjadi dengan baik. Dan juga proses metabolisme dalam tubuh kita akan baik. Biasanya kalau kita olah raga kotoran juga akan keluar dari tubuh kita yang berupa keringat. Dan purin yang berlebih juga akan keluar lewat kotoran baik keringat atau pada saat buang air kecil atau buang air besar. Dan gula yang berlebih dalam darah tidak menjadikan purin menjadikan kristal di persendian karena metabolisme yang sempurna dengan berolahraga.
  3. Kurangi makanan yang manis-manis atau glukosanya tinggi terutama bagi yang malas beroalahraga atau yang kurang gerak.
  4. Kurangi makanan atau jangan berlebih mengkonsumsi makanan yang mengandung purin seperti kacang-kacangan, emping, daging merah, seafood, makanan yang pakai ragi.


Itulah bagaimana cara mengobati asam urat tanpa obat, semoga bermanfaat.
Silahkan di share semoga bisa bermanfat untuk orang lain.

Baca artikel lainnya.

Tips Cara Merawat Wajah Secara Alami

Read more

Resep Pukis Yang Lembut Empuk dan Nikmat

Resep Pukis Yang Lembut Empuk dan Nikmat


Selamat pagi sahabar RMKS dan pembaca yang budiman.

Betapa indahnya pagi ini, matahari cerah secerah hati sahabat dan pembaca yang budiman. Pagi hari di hari libur ini enak juga ya, kalo kita duduk bersama keluarga tercinta sambil menikmati makanan atau kue. Ditambah lagi dengan teh manis.

Nah sahabat bagaimana kalau untuk menemani hari libur ini pagi-pagi makan pukis yang lembut empuk dan nikmat. Tentunya asyik banget kan.

Ya Pukis yang lembut empuk dan nikmat itu pastinya akan membah kehangatan suasan bersama keluarga tercinta tentunya. Apalagi kalu buatnya juga ramai-ramai bersama dengan semua anggota keluarga. Pasti seru dan menambah pengalaman baru.




Setelah selesai masak baru deh kita nikmati pukis yang lembut empuk dan nikmat tentunya. Nah sekarang kita lihat yuk bagaimana cara buatnya.

Bahan-Bahan Pukis Yang Lembut Empuk dan Nikmat :

  • 150 gram tepung terigu
  • 3 butir telur ayam
  • 100 gram gula pasir
  • 180 mililiter santan kelapa
  • ½ sendok makan ragi (yeast) instan
  • Perisa pasta beraroma dan warna (pandan, cokelat)
  • Margarin untuk mengoles



Cara Membuat Pukis Yang Lembut Empuk dan Nikmat :

  1. Pertama siapkan semua bahannya.
  2. Kemudian santan dimasak sampai mendidih. Angkat lalu diamkan/tunggu sampai hangat.
  3. Lalu campurkan ragi dengan santan hangat aduk sampai rata, selanjutnya diamkan adonan selama +-5 menit sampai berbuih.
  4. Tahap berikutnya kocok telur dan gula hingga kental serta mengembang, dan tambahkan tepung terigu sedikit-sedikit, sambil diaduk sampai rata.
  5. Kemudia masukkan larutan santan plus ragi, aduk kembali hingga rata. (diamkan adonan selama -+15 menit)
  6. Siapkan cetakan dan panaskan dengan api sedang, olesi dengan margarin. Tuangkan adonan ke dalam lubang cetakan hingga hampir penuh. Dan diamkan sampai matang. Ankat dan sajikan.
  7. Olesi pukis yang sudah matang dengan margarin biar lebih nikmat dan wangi.
Semoga bermanfaat. 
Silahkan share semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya.


Read more

Berita

Kuliner

Lihat Video

Resep Ikan dan Seafood